Ruang Belajar Alex Tilaar Resmi Dibuka, Ada Apa Saja?

Disadur dari Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta – Ruang Belajar Alex Tilaar (RBAT) telah resmi dibuka tepat pada hari ulang tahun mendiang Alex Tilaar, Rabu, 16 Juni 2021. Berlokasi di KH Wahid Hasyim No.27, Menteng, Jakarta Pusat, ada apa saja di sini?

Penanggung jawab RBAT, Wulan Tilaar, mengatakan bahwa RBAT memadukan konsep coworking space dan ruang baca, serta menyeimbangkan antara fungsi komersial dan sosial. Pada fungsi komersial, RBAT akan menyewakan ruang untuk bekerja, meeting, maupun acara lain yang selaras dengan nilai-nilai RBAT.

“Nilai-nilai RBAT ini mengilhami pribadi almarhum ayah saya (Alex Tilaar), yaitu terus belajar, menunjung empati, mudah dijangkau, memberdayakan, dan inklusif,” katanya dalam peresmian RBAT, Rabu, 16 Juni 2021.

Kemudian, untuk fungsi sosial, RBAT akan mendorong program terkait pendidikan, sosial, dan budaya. “Jadi selain ruang baca, ada fungsi lain yang dijalankan di sini,” ucap Wulan.

Itu mencakup ruang kelas, ruang komunitas, dan ruang kerja. “Ada juga ruang kopi di bawah untuk yang mau baca, bekerja, atau belajar sambil ngopi santai,” imbuhnya.

RBAT sendiri dimaknai sebagai usaha melestarikan buah pemikiran, gagasan, dan warisan berharga berupa koleksi buku mendiang Alex Tilaar yang dikenal sebagai pendidik.