Dibuka untuk publik sejak 16 Juni 2021 dan berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim no 27, Jakarta Pusat. Di bawah pengelolaaan Yayasan Amalan Bakti Ekata, Ruang Belajar Alex Tilaar (RBAT) adalah sebuah entitas yang didedikasikan untuk mengenang dan merawat pemikiran-pemikiran dari mendiang Prof. Alex Tilaar sebagai seorang tokoh pendidikan di Indonesia. RBAT mewariskan kurang lebih 10,000 buku koleksi pribadi dari Prof. Alex Tilaar. Buku-buku koleksi tersebut menjadi simbol dari semangat pembelajaran tanpa henti.

Untuk menghidupi seluruh pemikiran Prof. Alex Tilaar, RBAT membuka akses kepada buku-buku koleksi pribadi tersebut serta akan merancang program dan kegiatan terkait isu pendidikan, literasi dan pembangunan karakter bagi anak muda. RBAT juga menyediakan layanan untuk penyewaan ruang untuk bekerja dan belajar dengan fasilitas ruang dan tempat duduk yang nyaman, internet, serta kedai kopi (Les Notres). Seluruh keuntungan dari kegiatan komersial akan digunakan untuk menunjang operasional dan program publik yang terlaksana di RBAT.

Yayasan amalan bakti ekata

Yayasan Amalan Bakti Ekata adalah transformasi dari Yayasan Warisan Budaya Gombong yang didirikan dan dikepalai oleh Wulan Tilaar sejak tahun 2014. Pada awalnya Yayasan Warisan Budaya Gombong ini didirikan untuk keperluan mengelola Roemah Martha Tilaar yang bertempat di Gombong, Kabupaten Kebumen. Tahun 2021, yayasan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kegiatannya di Jakarta dengan turut mendirikan dan dipercaya mengelola Ruang Belajar Alex Tilaar. Dengan semakin berkembangnya cakupan wilayah dan aktifitas makan Yayasan Warisan Budaya Gombong memutuskan berganti nama menjadi Yayasan Amalan Bakti Ekata. Dengan begitu pergantian nama ke Yayasan Amalan Bakti Ekata merupakan juga sebuah momentum dalam menyempurnakan bakti Wulan Tilaar kepada kedua orang tuanya dengan mengelola Roemah Martha Tilaar dan Ruang Belajar Alex Tilaar.

Logo

Tiga buku yang terbuka, makin ke atas mengerucut membentuk padi yang menyimbolkan filosofi “Semakin berilmu, semakin rendah hati”.

Warna hijau dibawah padi menunjukkan symbol generasi muda dan keinginan belajar untuk menjadi lebih baik.Terdapat inisial A dan T dari nama Alex Tilaar.

Lingkaran mewakili simbol ilmu pengetahuan yang tidak pernah lekang oleh waktu, senantiasa menginspirasi kebajikan dalam putaran kehidupan.

Ruang inklusif yang menginspirasi kreativitas pada pembelajaran kehidupan, pembangunan karakter dan peningkatan literasi generasi muda sebagai bagian dari upaya membangun Indonesia masa depan.

  • Menyediakan akses yang luas kepada sumber-sumber bacaan yang berkualitas

  • Menyelenggarakan program-program dalam bidang sosial dan budaya yang berorientasi pendidikan bagi anak muda

  • Mendorong iklim kolaborasi yang mampu mendukung terwujudnya visi Ruang Belajar Alex Tilaar

Nilai-Nilai
  • Pembelajaran tanpa henti
  • Aksesibilitas dan inklusivitas
  • Empati dan memberdayakan