Jadi Ruang Baca yang Menginspirasi, Rumah Belajar Alex Tilaar Resmi Dibuka
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Disadur dari parapuan.co

Parapuan.co – Sosok Alex Tilaar atau yang memiliki nama lengkap Dr. Henry Alexis Rudolf Tilaar merupakan salah satu sosok berjasa untuk bangsa ini.

Alex Tilaar yang dikenal sebagai pendidik (guru atau dosen).

Ketika meninggal pada 30 Oktober 2019 dalam usia 87 tahun, Dr. Henry Alexis Rudolf Tilaar meninggalkan warisan berharga untuk bangsa ini khususnya di bidang pendidikan.

Puluhan buku yang ditulisnya telah menjadi sumber inspirasi dan literatur yang berarti, sementara berkat sentuhan tangannya sebagai pendidik (guru atau dosen) jutaan anak telah menjadi ‘orang’, doktor dan sarjana pendidikan.

Semasa hidupnya ia selalu bangga berkata, “Saya seorang guru!”

Profesi guru, menurutnya, ialah “profesi yang menjadi, terus menerus diperkaya sesuai pengalaman.”

Kebanggaan dan harapannya pada guru diperjelasnya dengan kutipan dari ungkapan Jepang yang artinya ‘budi guru lebih tinggi dari gunung tertinggi, lebih dalam dari lautan terdalam.’

Sebagai seorang guru yang memiliki kepercayaan tinggi tentang kekayaan pemahaman dan praksis pendidikan yang bersumber dari kebudayaan Indonesia, ia selalu mengingatkan pentingnya kehidupan berlandaskan nilai Pancasila, “Prinsip hidup bangsa Indonesia bukan di dalam persaingan, melainkan dalam nilai-nilai gotong royong.”

Dr. H.A.R Tilaar, M.Sc.Ed lahir di Tondano, Sulawesi Utara pada 16 Juni 1932.

Ia memeroleh gelar sarjana pendidikannya dari Universitas Indonesia dengan predikat cum laude pada tahun 1961.

Pada tahun 1964 ia memperoleh beasiswa dari USAID dan belajar di University of Chicago (1964-1965), kemudian di Indiana University, Bloomington, tempat ia memperoleh Master of Science of Education (1967) dan Doctor of Education (1969). Sesudahnya ia mengikuti berbagai program postgraduate di beberapa universitas di Amerika Serikat  dan Inggris.